Daerah  

Bertemu Ketua DPRD Biak Nomfor, Ini Yang Diberikan Kakanwil Papua Kepada Masyarakat Biak Nomfor

Jayapura, Papua – Terus menggelorakan Sosialisasi dan pemahaman terkait Kekayaan Intelektual di Provinsi Papua, salah satunya Pentingnya Pendaftaran Kekayaan Intelektual upaya meningkatkan daya saing dan investasi di Kabupaten Biak.

Pertemuan ini di lakukan di ruang kerja Kakanwil Kemkumham Papua yang beralamat di jalan raya Abepura No 37 Kota raja Kota Jayapura Papua, Senin, (01/08/2022)

Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba dalam pertemuan tersebut kepada Adrianus mambobo, S.Pd, MM, Wakil ketua DPRD Daniel Rumanasen, Ketua Bapemperda, Johanis o. Amboky, SE, waket Bapemperda, Ir Aris Tiranda Dea, Anggota DPRD Yohanes Sallo, SH, anggota DPRD,
Mety Karangan Anggota DPRD, Dina Nap Anggota DPRD, Jhon Mandibo Anggota DPRD Alfius Adadikam Anggota DPRD, Jhon Mandibo Anggota DPRD, Drs. judi G. Wanma Sek.DPRD Nikson Abidindifu Kabag persidangan, Yansen Rumbino, SE kasubag persidangan, Djamiati Kasubag produk hukum Kabupaten Biak Numfor.

Anthonius M.Ayorbaba, Kakanwil Kemenkumham Papua dalam obrolan santai menyampaikan berbagai strategi dan masukan guna mendorong percepatan Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual di Kabupaten Biak, salah satunya terkait tradisi adat orang biak yang jalan di atas bara api yang perlu di lestarikan dan di jaga budaya tersebut dengan menjadikan budaya tersebut menarik wisatawan asing datang ke biak upaya ini mendorong Peningkatan daya saing investasi dan Daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Anthonius juga menyampaikan siap mendukung Kabupaten Biak Nomfor baik dalam regulasi perda maupun kekayaan intelektual komunal yang ada di biak Nomfor untuk menarik wisatawan asing buat datang ke biak.

Anthonius berharap dengan sosialisasi yang terus di lakukan di Papua ini prioritas utamanya untuk memajukan kabupaten kabupaten yang ada di Papua untuk dapat memahami pentingnya Kekayaan Intelektual Komunal yang ada di Papua.

Kakanwil pun mencontohkan Kabupaten Jember yang mampu meraup Triliunan Rupiah dalam event yang digelarnya berupa Pertunjukan seni Budaya hingga membuat decak kagum turis manca Negara.

“Biak memiliki potensi wisata juga yang luar biasa, tidak kalah dari Daerah lainnya di Indonesia, DPRD harus kerja keras mendorong Biak menjadi Kampung Wisata,” Ujar Ayorbaba

Lebih lanjut Adrianus mambobo, S.Pd, MM, Wakil ketua DPRD Kabupaten Biak Nomfor sangat mengapresiasi kinerja, terobosan, dan kerja cepat kakanwil Kemenkumham yang telah mensosialisasikan bagaimana penting kekayaan intelektual komunal yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

“Ini merupakan terobosan yang perlu di sosialisasikan terus menerus sehingga masyarakat dapat memahami, untuk perseorangan kami akan sosialisasikan sehingga kedatang bapak menteri nanti akan kami usahakan bisa mendaftar 50 UMKM perseorangan perorangan di kabupaten Biak Nunfor nantinya.” Ucap Adrianus

Adrianus juga menyampaikan tentunya, kerja sama ini telah dikemas dalam bentuk MoU yang telah ditandatangani bersama terkait membantu regulasi Harmonisasi Pembentukan Peraturan Daerah Biak dan sejumlah Tusi Kemenkumham bersinergi dengan Pemkab Biak.

“Kami menerima baik kerja sama ini, dan tentu terus melakukan koordinasi serta kerja sama untuk pendaftaran Kekayaan Intelektual Masyarakat di Kabupaten Biak nomfor terutama tradisi jalan di atas bara yang telah di sampaikan bapa kakanwil tadi,” Ujarnya

“dengan sosialisasi dan pemahaman Kakanwil Papua, Anthonius M.Ayorbaba sebagai pelejit semangat kami untuk mendorong percepatan Pendaftaran KI serta Hal lain yang disinergikan berkaitan Tusi Kemenkumham sebagai perpanjangan tangan Menteri Hukum dan HAM di Daerah untuk itu Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas penjelasan dari kakanwil kemenkumham Papua ini.” tutur wakil ketua DPRD Biak Nonfor Andrianus Mambonk

Anthonius M.Ayorbaba disela-sela pertemuan didampingi oleh Pejabat Pimti Pratama, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Muhammad Mufid serta Kabbid Pelayanan Prodak Hukum Daerah Ruben K Samai.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *