Buka Pelatihan Fisik, Mental, Disiplin Polsuspas, Ini Pesan Kakanwil Kumham Papua Kepada Peserta

PAPUA – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si secara resmi membuka Diklat Kesamaptaan bagi Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) yang berasal dari UPT Pemasyarakatan se-Papua, Senin (17/10/2022).

Terhitung 30 personel mengikuti diklat yang berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 17 s.d 21 Oktober 2022 bagi jajaran Pemasyarakatan yang diutus dari Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT) Se-Papua.

Sebelumnya, Danrindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Vivin Alivianto, mengatakan perlu disiapkan untuk 30 orang ini, tentunya mereka sebenarnya sudah siap, hanya kita poles sedikit saja, mereka sudah memiliki tingkat disiplinnya dan Sumber Daya manusianya.

“Jadi di sini kita hanya memoles saja, diingatkan yang lama-lama, disegarkan lagi dan tambah ditingkatkan,” Ungkap Vivin.

Vivin Alivianto pun berharap sama seperti lain-lain yang pernah kami didik di Rindam, itu hasilnya cukup memuaskan, beberapa waktu yang lalu kami pernah melatih ASN dari kabupaten Membramo Raya, Bupatinya sangat-sangat puas.

“Harapan saya mereka ini, jauh lebih di atasnya lagi,” ucap Vivin.

Sementara itu, Kepala kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si dalam keterangannya didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Endang Lintang hardiman dan Kadiv Keimigrasian, Ian Fidianto Marcos mengatakan Peserta ini harus menjadi ASN unggul yang tentu menjawab kebutuhan tantangan Pemasyarakatan dalam Pelaksanaan tugas.

Menurutnya, tantangan yang diidentifikasi terhadap bahaya narkoba, Munculnya kerawanan dalam bentuk kerusuhan di lapas, WBP yang meminta dilayani dengan baik, tantangan dari masyarakat yang perlu juga mendapat layanan terbaik saat berkunjung ke Lapas-Lapas.

“Dengan 30 orang dididik di Rindam XVII Cenderawasih, kondisi tempat yang sangat representatif dengan instruktur yang profesional tentu akan memberikan sebuah hal yang baru,” Ujar Ayorbaba.

Dalam kesempatan ini, Anthonius M. Ayorbaba berharap 30 orang peserta ini akan tampil dengan integritas terbaru, disiplin terbaru untuk menjadi agen of change, membawa perubahan terhadap kinerja Pemasyarakatan di tanah Papua.

“Panitia diharapkan mempunyai model penilaian yang baru, agar mereka yang terbaik dalam pendidikan ini bisa diberikan reward, hal ini guna memotivasi Peserta dalam menjadi insan Pemasyarakatan yang benar-benar mewujudkan Kanwil Kemenkumham Papua PASTI TIFA,” Tegas Mantan Kadiv Pemasyarakatan Sulawesi Utara.

Pesannya juga dengan digelarnya Pelatihan di Lapangan Rindam XVII/Cenderawasih, Ifar Gunung, Sentani., Kakanwil meminta para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

“Melalui pelatihan ini kalian harus selalu siap siaga dalam keadaan apapun serta disiplin,” ujar Ayorbaba.

Ia juga berpesan bahwa seorang Polsuspas harus mempunyai ketrampilan-ketrampilan lain dalam menunjang pekerjaan mereka sehari-hari.

“Tidak hanya melaksanakan tugas menjadi regu pengamanan tetapi bisa menjalankan tugas-tugas lainnya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan dalam tugas lain, seperti menjadi perawat atau bahkan Khatib,” ungkap Kakanwil.

Hal yang paling utama, ia menekankan kepada seluruh peserta untuk tetap berintegritas demi menjaga nama baik Kementerian Hukum dan HAM khususnya Kanwil Papua.

Bekerjasama dengan Jajaran TNI AD Rindam XVII Cenderawasih Ifar Gunung Sentani, nantinya para peserta akan diberikan pelatihan guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam menguasai tata cara penggunaan alat-alat keamanan, bela diri praktis dan teknik pertahanan diri dalam melakukan penjagaan.

Tampak hadir mengikuti pada pembukaan Diklat Kesamaptaan, para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminitrator, Para Kepala UPT Pemasyarakatan, Pejabat Pengawas, Pejabat Jajaran Rindam XVII Cenderawasih, JFT dan JFU dilingkungan Kanwil Kemenkumham Papua.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *