News  

Dibekali Pelatihan Budidaya Ikan, WBP Lapas Permisan Panen Lele

Nusakambangan – Pembinaan kemandirian dalam Lembaga Pemasyarakatan terus gencar dilakukan. Tidak terkecuali di Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan. Senin (19/09/2022).

Berfokus pada pembinaan ketahanan pangan, WBP dibekali pelatihan budidaya pembesaran lele. Setelah dua bulan perawatan, Kepala Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja serta Kepala Subseksi Sarana Kerja memulai pemanenan lele.

Dibawah arahan mereka, WBP yang telah dilatih antusias mengambil lele dari kolam pembesaran untuk dipanen. Pemanenan dilakukan bertahap. Pada tahap pertama ini lele diambil sebanyak 35 kg untuk dipasarkan.

“Dari hasil pemasaran yang didapatkan akan dikelola untuk modal berikutnya serta membayar premi bagi WBP. Nanti hasil penjualan bisa untuk membeli bibit lagi, juga membayar premi” ujar Nyasuman Kasubsi Sarana Kerja.

Antusias WBP mengikuti budidaya lele ini sangat besar dimana ada WBP mengatakan “Hasil yang lumayan, dan saya sangat senang karena bisa berbudidaya lele” kata Kembar salah satu WBP

Untuk tahap kedepannya, semoga pelatihan ini terus berlanjut berkesinambungan serta banyak WBP yang mendapat manfaat dari pelatihan ini baik untuk perubahan perilaku serta keterampilan mereka dapat digunakan dalam berkehidupan bermasyarakat setelah bebas.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *