Gebyar Mama Papua Mampu, Korem 172/Praja Wira Yakti Gandeng Kanwil Kemenkumham Papua Sosialisasi dan Bimtek Pentingnya UMKM

Jayapura, Papua, – Korem 172/Praja Wira Yakthi mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Jayapura berfokus pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis kearifan lokal berbagai karya seni Mama-Mama Papua.

Satu di antara upaya itu diwujudkan Korem 172 bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua lewat Sosialisasi dan Bimbingan Teknis.

Sosialisasi langsung diserahkan kepada Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si kepada 300 Orang Mama-Mama Papua yang hadir berkaitan dengan Pentingnya Pendirian badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dapat dilakukan oleh satu orang sebagai Pemegang saham sekaligus Direktur dengan biaya Pendaftaran cukup dengan Rp 50.000,-

Sebagaimana telah diresmikannya Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 tahun 2020 (UU Cipta Kerja) Tentunya hal ini sangat mendukung kemudahan para pelaku usaha dalam membangun usahanya. Tentunya Kanwil Kemenkumham Papua mendorong agar Mama-Mama Papua pun ikut mendaftar dan memiliki usahanya sendiri dan berbadan Hukum.

Selain itu juga Sosialisasi juga disampaikan, Anthonius M.Ayorbaba berkaitan dengan Pentingnya Pencatatan Kekayaan Intelektual (KI) berupa Merk dan Hak Cipta bagi Mama-mama Papua yang telah memiliki usaha berupa kerajinan dan produk-produk rumahan yang tentu harus didaftar merknya dan dicatatkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual guna memiliki Badan Hukum.

Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi, Brigjen. TNI Juinta Omboh Sembiring, S.H., S.E menyampaikan Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan Awalan saja, akan ada kegiatan lanjutan dengan terus bersinergi dengan semua Pihak termasuk Kanwil Kemenkumham Papua, BI, Bank Papua dan instansi terkait lainnya.

Di mana kita inginkan UMKM Mama Papua bisa bergerak. Kita akan terus bergerak dan melatih dengan Bimtek hari ini, kita mulai dengan Niat yang diberkati Tuhan dengan berdoa agar semua yang dilaksanakan akan terwujud dan tercapai.

Kita butuh sinergi untuk berkelanjutan dengan terus menggandeng banyak pihak dan terus memberi edukasi dan pembinaan terhadap Pelaku UMKM khusus Mama-Mama Papua.

Saya bangga dengan Kakanwil yang dengan banyak sekali Ide-idenya dan berhasil meloby Pemerintah Daerah sehingga Pendaftaran Hak Cipta dilakukan gratis bagi Orang Asli Papua, mari kita berikan tepuk tangan, ajak Danrem (11/8)

Dengan pendaftaran Perseroan Perorangan hari ini biaya Pendaftaran akan ditanggung oleh Korem 172 untuk Mama-mama Asli Papua, jangan lupa buatkan Data diri seperti KTP, Kartu Keluarga dan lainnya.

Brigjen. TNI Juinta Omboh Sembiring, S.H., S.E juga memberikan kuiz berhadiah berupa pertanyaan seputar materi yang disosialisasikan Kakanwil Kemenkumham Papua bagi pserta yang mampu menjawab akan mendapatkan Hadiah doorprize yang dipersembahkan dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *