Kakanwil Papua Pantau Langsung 6 Calon Taruna Poltekip Dan Poltekim Ikuti Tes Kesamaptaan Di Lapangan Tri Sila Lantamal X Jayapura

Jayapura, Papua – Sebanyak 6 peserta seleksi penerimaan calon taruna sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Ilmu Imigrasi (Poltekim) Kemenkumham Rayon Papua mengikuti Tes Kesamaptaan di Lapangan Tri Sila Lantamal X Jayapura, Kota Jayapura, Provinsi Papua (21/09/2022).

Ke 6 calon Taruna/Taruni tersebut mengikuti tes samapta A dan B, yang terdiri dari lari, Pull UP, Sit UP, Push UP dan Shuttle Run.

Ketua Panitia Pelaksana Daerah Papua, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Papua, Diwakili Sekretaris Panitia Kepala Bagian Umum, Dina Aplena, mengatakan bahwa Peserta tes ini berasal dari Kota Jayapura, yakni Poltekip Umum 1 orang, Poltekip Khusus Orang Asli Papua 2 orang (1 Perempuan), Poltekim Orang Asli Papua 1 orang,dan Poltekip yang sudah berstatus ASN 1 orang Orang Asli sementara 1 orang Poltekip non Asli Papua untuk seleksi Poltekip. Jumlah yang mengikuti Kesamaptaan hari ini hadir lengkap berjumlah 6 orang Calon Taruna Poltekip dan Poltekim.

Dina Aplena menghimbau kepada peserta untuk mengikuti tes ini dengan jujur karena seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya apapun. Jika ada kecurangan maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan di luar tanggung jawab panitia.

Dikatakan Kabag Umum, Dina Aplena tes hari ini semuanya diambil alih oleh TNI Angkatan Laut Lantamal X Jayapura yang langsung dipimpin oleh Letnan Samsul Arifin selaku Koordinator Lapangan Serka Korano, dengan anggota Serda Yudi, Koptu Enggar, Pratu Erick, Pratu Aziz, dan Prada Afin.

“Adapun hasil seleksi nantinya akan diumumkan secara terpusat melalu kanal informasi resmi catar.kemenkumham.go.id, para peserta bisa langsung cek di link tersebut,” Ujar Dina Aplena

Kegiatan Kesamaptaan tersebut dipantau langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si dan juga Tim dari Inspektorat Jenderal yang dipimpin Ibu Magda dan Anggota yang langsung turun di Langan Tri Sila Lantamal X Jayapura.

Kakanwil Papua, Anthonius M. Ayorbaba dalam arahannya meminta Peserta harus menjaga kesehatannya karena setelah ini, masih ada beberapa tes yang akan diikuti yakni Seleksi Tulis Psikotes dan Wawancara Psikotes serta Seleksi Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK).

Dikatakan, Ayorbaba, tahapan seleksi ini dilaksanakan menggunakan sistem gugur, dengan tahapan yakni Seleksi Administrasi (Verifikasi Berkas Unggah), Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Lanjutan terdiri dari seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Tulis Psikotes dan Wawancara Psikotes dan Seleksi Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK).

“Seleksi Wawancara akan dilakukan langsung di BPSDM Kemenkumham di Jakarta, jika Peserta berhasil lulus di Papua akan mengikuti tes wawancara selanjutnya di Jakarta,” tegas Anthonius Ayorbaba.

Kakanwil menegaskan Formasi ini menunjukan bentuk komitmen Menteri Hukum dan HAM RI memberikan formasi khusus kepada Papua dan Papua Barat, dalam beberapa tahun ini evaluasi terhadap Seleksi Taruna Poltekip dan Poltekim belum memenuhi kuota baik dari lulusan SMA maupun lulusan bagi yang sudah menjadi ASN Kemenkumham.

Kata Ayorbaba, tahun 2022 kita juga mendapat formasi Umum untuk Poltekip itupun tidak ada yang mendaftar, hal ini akan menjadi sesuatu yang kita evaluasi karena tentu kita membutuhkan tambahan SDM juga membutuhkan ASN Kemenkumham yang terampil, Profesional bisa bekerja cepat, disipilin serta memiliki Integritas terbaik.

“Ucapan terima kasih dan Apresiasi saya kepada Pimpinan Jajaran TNI AL dan Instruktur yang telah membantu sukseskan kegiatan Kesamaptaan ini juga dari Inspektorat Jenderal yang langsung ke Jayapura serta Panitia Daerah yang bekerja luar biasa,” Ucap Ayorbaba.

Kakanwil Anthonius M. Ayorbaba berharap Peserta calon Taruna Poltekip dan Peltekim belajar dengan baik untuk tahapan selanjutnya yakni psikotes karena kesiapan dirimu yang menentukan kelulusanmu bukan dari siapa-siapa., tutup Ayorbaba mengakhiri Arahannya pagi ini di lapangan Tri Sila Lantamal X Jayapura.

Turut hadir dilapangan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Rumah Tangga dan Tata Usaha, Imanuel Yefun serta Staf yang masuk dalam Panitia Daerah Seleksi Calon Taruna Poltekip dan Poltekim Kemenkumham RI Kantor Wilayah Papua.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *