News  

Kelangkaan. Air Bersih Kalapas : Hal Ini Menjadi Permasalahan Baru Bagi Lapas Abepura

Abepura, Jayapura – Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Abepura saat ini mengalami kekurangan air bersih akibat kurangnya pasokan air bersih dari PDAM Jayapura dan juga terjadi penurunan debit air pada sumur yang tersedia di Lapas Abepura, Senin pagi (3/10/2022).

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Abepura Sulistyo Wibowo mengatakan saat ini Lapas Abepura mengalami kekurangan air bersih dikarenakan kurangnya pasokan dari PDAM Jayapura dan di samping itu juga terjadi kekurangan debit air pada sumur sehingga kurang cukup tersedia untuk kebutuhan isi lapas sekian banyak orang.

“Berapa hari belakangan ini pasokan air PDAM Jayapura mengalami penurunan dan terkadang terjadi pemadaman sehingga hal ini menjadi bagian permasalahan yang dihadapi oleh Lapas Kelas IIA Abepura,” ujar Kalapas.

Selanjutnya menurut Kalapas, hal ini menjadi permasalahan baru bagi Lapas Abepura dan tidak bisa dianggap sepele karena ini menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, apa lagi keberadaan lapas yang sudah mulai bertambah isinya walaupun belum sampai over kapasitas secara 100% tapi tentunya sangat berpengaruh bagi kebersihan dan kesehatan Warga Binaan dan Tahanan di Lapas Abepura.

Disadarinya bahwa dana untuk pengadaan atau langganan air bersih saat ini mengalami keterbatasan sehingga pihak lapas akan mengajukan permohonan kepada Direktur PDAM Jayapura untuk dapat membantu pemasokan air bersih.

“Kami akan mencoba mengajukan permohonan dispensasi pembayaran kepada pihak PDAM Jayapura untuk anggaran di tahun depan, semoga pihak terkait dapat membantu “ ungkap Kalapas.

Dengan kondisi tersebut menurutnya mau tidak mau penghuni atau warga binaan harus dibatasi atau berhemat dalam penggunaan air sembari menunggu upaya-upaya yang akan dilakukan pihak Lapas untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Kami akan mengajukan permohonan pembangunan sumur bor kepada pimpinan di Kementerian Hukum dan Ham Papua atau Pemerintah Daerah Provinsi Papua sebagai bentuk dukungan kami untuk pemenuhan hak-hak narapidana dan juga tahanan di Lapas Abepura,” Tutup Kalapas.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *