News  

Lakukan Studi Tiru di Lapas Jabar, Kusnali : Banyak Inovasi Yang Didapat dan Akan Diterapkan di Sulut

BANDUNG – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara (Kanwil Kemenkumham Sulut), Kusnali menyambangi beberapa Lapas yang ada di Provinsi Jawa Barat. Selasa (20/09/2022).

Kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka Studi Tiru. Sebelum melakukan kunjungan ke Lapas, Mantan Kalapas Banceuy bersama Tim mengunjungi Kanwil Kumham Jabar, dan kemudian baru ke Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Lapas pertama yang disambangi Kusnali dan Tim adalah Lapas Perempuan Bandung. Rombongan disambut baik oleh Kalapas Perempuan, Prihartati.

Pada Kunjungan kerja tersebut Kadiv PAS, Kusnali melihat berbagai kegiatan kerja dan layanan inovatif yang ada di Lapas Perempuan. Tak terkecuali didapur tempat pengolahan makanan warga binaan dan pembuatan roti Lamoria.

Dalam studi tiru ini, Kusnali menyampaikan bahwa banyak pelajaran yang bisa diambil dan bisa diterapkan di UPT Pemasyarakatan di Sulut terutama terkait dengan layanan berupa pemberian makan dan pelatihan
kemandirian yang sudah berjalan.

“Hal positif dan baik ini akan coba kami terapkan di Sulawesi Utara,” ujar Kusnali Yang merupakan Putra Asli Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Kusnali mencicipi makan siang yang baru sesai dimasak untuk WBP. “Lapas Perempuan Bandung ini sudah baik Dan Makanannya juga enak tidak kalah dengan masakan diluar,” Puji Kusnali

Selain itu, Mantan Kalapas Subang ini berkesempatan melihat inovasi yang ada di LPP Bandung dan belum ada di Sulawesi Utara yakni adanya barcode Hp untuk deteksi HP bagi petugas.

“Dengan adanya aplikasi barcode itu, HP akan mudah terdeteksi apakah milik petugas atau bukan,” ujarnya.

Setelah selesai kunjungan di LPP Bandung, Kusnali bersama Tim juga berkesempatan melakukan studi tiru ke Rutan Perempuan, Lapas Banceuy dan Sukamiskin.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *