Menkumham Serahkan Piagam Rekor Muri Pengayoman Virtual Kepada Kakanwil Papua

Jayapura, Papua, – Piagam Penghargaan Museum Rekor -Dunia Indonesia dianugerahkan kepada Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, atas Rekor Virtual Run di Lokasi Terbanyak 407 Kota seluruh Indonesia No 10498/R.MURI/VIII/2022 oleh Ketua Umum Museum Rekor – Dunia Indonesia, Prof. Dr. (H.C) KP Jaya Suprana.

Bertepatan dengan Kunjungan Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Yasonna H. Laoly ke Tanah Papua dan digelar Acara Akbar dipusatkan di Sasana Krida Pemerintah Provinsi Papua lokasi berada di Dok II Kota Jayapura bertajuk “ Kemenkumham RI melayani Papua” momentum tersebut menjadi sebuah inovasi dari Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua.

Atas raihan dan capaian suksesnya gelaran Acara Pengayoman Virtual Run murni gagasan dari Tanah Papua, hari ini Senin 22 Agustus 2022, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menyerahkan Piagam Rekor Muri Dunia kepada Kakanwil Kemenkumham Papua atas ide inovasi yang dibuat. Gelaran Pengayoman Virtual Run Sabang – Merauke, Miangas – Rote diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI murni ide dari Kanwil Kemenkumham Papua.

Dalam rangka menyemarakan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -77 dan HUT Kemenkumham atau disebut hari Dharma Karya Dhika ke-77, yang jatuh pada tanggal 19 Agustus, Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua menggelar event Pengayoman Virtual Run Sabang Merauke, Miangas Rote sebagai upaya Kemenkumham dalam mengimplementasikan Core Values “PASTI” berAKHLAK yang salah satunya harus sehat dalam berkinerja.

Kegiatan dilaksanakan secara virtual sebagai implementasi teknologi Digitalisasi kepemimpinan Menteri Hukum dan HAM RI mencari solusi untuk membantu pemulihan Ekonomi Nasional di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak.

Sebanyak 17. 072 Aparatur Sipil Negeri (ASN) peserta menyelesaikan jarak tempuh 7,7 kilometer sekali Submit dan 19 Kilometer untuk 4 kali Submit kategori Pengayoman Virtual Run dilaksanakan pada 13 Agustus 2022 serentak di seluruh Kantor Wilayah dan UPT se-Indonesia.

Data dari Kepala Pusat Data dan Informasi Setjen Final Pelaksanaan Pengayoman Virtual Run dari Jumlah ASN yang mendaftar 17.071 dengan Finish sebanyak 11. 631, belum lari 4. 781 dan belum target 659 dan dengan Total Kota sebanyak 407 Titik seluruh Indonesia.

Kepala kanwil Kemenkumham Papua, Antonius M. Ayorbaba sebagai Inisiator Pengayoman Virtual Run dan sebagai Ketua Komunitas Lelarian Sana Sini Papua.

Event Pengayoman Virtual Run Sabang Merauke, Miangas Rote ini diikuti oleh ASN Kemenkumham di seluruh Indonesia melakukan 2 aktifitas baik jogging dan juga bersepeda untuk jogging inisiatornya dari Kemenkumham Kanwil Provinsi Papua.
Pengayoman Virtual Run diikuti oleh ASN Kemenkumham RI dari 11 Unit Utama, 33 Kantor Wilayah, 18 Pos Lintas Batas Antar Negara, 143 Satker Imigrasi, 645 Satker Pemasyarakatan, 3 Badan Diklat dan 5 Balai Harta Peninggalan.

Dari data peserta virtual run yang diterima sampai dengan hari jumat tanggal 12 Agustus 2022 untuk kategori jogging dengan jarak tempuh 7.7 kilometer diikuti kurang lebih 15.975 orang peserta, sedangkan jarak tempuh 19 kilometer diikuti sebanyak 1.097 peserta total pelari ASN Kemenkumham RI sebanyak 17.072 orang.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenkumham RI melakukan perhitungan total yang berlari pada 7.7 dengan jumlah titik dan peserta terbanyak kini mendapat Prestasi dan berhasil mendapat Rekor MURI Dunia dengan titik lokasi terbanyak Pengayoman Virtual Run.

Dengan adanya event ini tentu kita ingin membangun nasionalisme dalam momentum HUT kemerdekaan RI ke 77 dan HUT Kemenkumham RI yang ke-77, dari Ujung Timur Nusantara Negeri Cenderawasih, kami hadir merajut persatuan dan kesatuan Bangsa dengan menggelorakan semangat jogging untuk Indonesia Sehat, Ungkap Anthonius M. Ayorbaba.

Antonius menambahkan olahraga jogging ini adalah olahraga rakyat yang sangat murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan khusus untuk masyarakat yang berada di Papua berolahraga sambil menikmati alam yang cukup indah di Papua.

“Untuk itu kami terus mendorong masyarkat mari menggunakan berbagai kesempatan dan fasilitas, karena saat ini pandemic covid-19 masih ada dan salah satunya untuk menghindari kita terpapar virus covid-19 ini kita harus memiliki stamina dan imun tubuh yang baik dan salah satunya dengan melakukan aktifitas berolahraga dan tetap mematuhi protokol kesehatan”imbuhnya.

“HUT ke-77 Kemenkumham menjadi momentum karena kemenkumham baru kembali merayakan HUT di tanggal 19 agustus tahun ini, sehingga tentu inisiasi ini kami lakukan untuk menggelorakan semangat dan melakukan apa yang sering di tegaskan oleh Menteri hukum dan ham bahwa semua ASN Kemenkumham harus benar-benar bekerja dengan pendekatan datang ke Masyarakat, melayani menjamin kepastian pelayanan kepada masyarakat, harus ada ukuran dimana masyarakat dapat menerima manfaat secara langsung sehingga kami akan terus menggelorakan dan mengkampanyekan program-program yang sudah dilakukan oleh Kemenkumham, Kata Ayorbaba.

Rekor Muri Dunia Indonesia ini dipersembahkan khusus kepada Masyarakat di Tanah Papua, secara khusus Ucapan apresiasi dan terima kasih kepada PT. Freeport Indonesia, Gubernur Provinsi Papua, Dirut PDAM Kota Jayapura, Bank Syariah Mandiri dan semua pihak yang telah membantu hingga Piagam Rekor Muri Dunia diperoleh.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *