Mentri Yasonna H. Laoly Tiba di Negara Para Manbri – Biak Numfor Disambut Tarian Mansorandak

Biak, Papua, – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Yasonna H Laoly disambut Prosesi adat istiadat Papua, Tarian Mansorandak di Negeri Para Manbri Kabupaten Biak Numfor sesaat setelah mendarat, pagi ini Minggu, (21/08/2022) di Bandara Udara Frans Kaisiepo.

Tiba di Bandara Biak Menkumham RI, Yasonna H. Laoly disambut Bupati Biak Numfor dan Forkopimda Pemerintah Kabupaten Biak dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M.Ayorbaba dan Ibu, Kadiv Administrasi Kanwil Papua Barat, Kalapas Biak, Kakanim Biak dan Jajaran.

Tarian Mansorandak sebagai tanda penyambutan dan penghargaan terhadap seseorang yang dihormati yang baru pertama datang pada suatu tempat. Prosesi penyambutan itu, berupa tari-tarian yang dilakukan oleh sekelompok anak-anak Asli Biak Numfor yang dilakukan bersamaan dengan nyanyian syukur yang bersifat doa untuk memberi berkat atas keluarga yang datang.

Dalam prosesi tersebut Bupati Biak Numfor memakaikan Topi Bulu Burung Kaswari sebagai tanda Penyambutan Tamu kehormatan, dan tradisi injak piring (Mansorandak) adat berupa piring besar sebagai tanda penyucian atas segala gangguan alam.

Usai penyambutan Menkumham RI bersama Rombongan dan Bupati Kabupaten Biak transit sejenak pada Vip Romm Bandara selanjutnya ke Hotel Swissbel Biak.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *