Optimalisasi Pengumpulan Zakat, BAZNAS Banten Gandeng 12 Perusahaan

KABARINDO.ID – Masih dalam rangka pengoptimalisasian zakat, infak dan sedekah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten kembali menggelar kegiatan sosialisasi yang kali ini menyasar 12 perusahaan di wilayah Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Adapun 12 perusahaan tersebut diantaranya, PT. Ineos Aromatics Indonesia, PT United Waru Biscuit Manufactory, PT Golden Harvest Cocoa Indonesia, PT Nikomas Gemilang, PT Fonusa Agung Mulya, PT Rich Product Manufactory, hingga PT Charoen Pokphand yang telah berlangsung sejak 8 September lalu dan rencananya akan terus berjalan hingga akhir bulan September ini. Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Baznas Banten tersebut didukung dan didampingi oleh UPTD Pengawasan tenaga kerja DISNAKERTRANS Provinsi Banten.

Seperti diketahui, perusahaan merupakan salah satu objek zakat yang wajib menunaikan zakatnya ketika telah mencapai nishab atau batas minimal harta wajib zakat, baik zakat perusahaan bagi perusahaan yang dimiliki seorang muslim dan juga zakat penghasilan bagi karyawan muslim di perusahaan. Berdasarkan hal tersebut yang melatarbelakangi, Baznas Banten dengan rutin melakukan kegiatan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan untuk memaksimalkan penghimpunan zakat, infak, sedekah dan CSR.

“Zakat itu kunci untuk bagaimana bisa mengembangkan ekonomi yg berdimensi sosial kemasyarakatan utama dalam upaya pengurangan angka kemiskinan dan penurunan angka pengangguran yang dua hal itu menjadi concern pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah. Potensi zakat berdasarkan pusat kajian strategis Baznas (PUSKAS) untuk Provinsi Banten sebesar 11,03 triliun, maka untuk mencapai dan memaksimalkan penghimpunan zakat tersebut, kami perlu melakukan sosialisasi-sosialisasi seperti ini” ungkap Wakil Ketua I Baznas Provinsi Banten Zaenal Abidin Suja’i, yang hadir dalam kegiatan Zakat Goes to Company di PT United Waru Biscuit Manufactory.

Hadir pada kesempatan tersebut juga Kepala Bidang Pengumpulan Baznas Provinsi Banten Yani Hudayani yang menyampaikan bahwa tugas Baznas untuk menyampaikan dakwah terkait syariat islam, dan zakat yang merupakan rukun Islam ke 3.

“Pelaksanaan sosialisasi ini juga berdasarkan instruksi Gubernur nomor 28 tahun 2021 tentang Optimalisasi dan Pembentukan Unit Pengumpul Zakat, sehingga diharapkan penghimpunan zakat di Provinsi Banten akan semakin meningkat dan pengentasan kemiskinan akan tercapai”. tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *