Peringati Hari Pelanggan Nasional, Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Cimone Layani Peserta Secara Langsung

Tangerang – Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) dimaknai dengan semangat peningkatan kualitas pelayanan oleh BPJS Ketenakerjaan atau BPJAMSOSTEK. Termasuk oleh BPJAMSOSTEK Cabang Tangerang Cimone.

Dalam Harpelnas tahun ini mengusung tema “Mendorong Pekerja Indonesia Tumbuh dan Kuat” yang dilaksanakan Senin (05/09/2022) pagi ini, masyarakat peserta BPJAMSOSTEK Cabang Tangerang Cimone disapa secara spesial oleh segenap jajaran kantor cabang dengan dipimpin langsung oleh Kepala Cabang Yan Dwiyanto. Turut pula hadir dalam acara ini Deputi Direktur Bidang Kebijakan Operasional Program BPJS Ketenagakerjaan Kunto Wibowo serta Asisten Deputi Wilayah Banten Bidang Keuangan Tri Mukti.

Selain menyapa langsung, para peserta BPJAMSOSTEK yang telah hadir sejak pagi juga diajak mengikuti quiz serta fun games. Para peserta yang ikut berpartisipasi kemudian diberi kenang-kenangan. Kepada wartawan, Deputi Direktur Kunto Wibowo menjelaskan, Harpelnas sejatinya adalah seremoni belaka dan BPJAMSOSTEK setiap tahun selalu menyelenggarakannya.

“Tapi intinya bukan itu. Ini merupakan pengingat buat kita bahwa, kita harus semakin menjadi lebih baik lagi. Jadi setiap tahun harus ada improvment (perbaikan) layanan yang harus kita berikan untuk peserta. Jadi semakin hari semakin tahun, Harpelnas ini kita jadikan momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” ujarnya.

Peningkatan kualitas layanan kepada peserta itu, ujarnya ditandai dengan semakin mudahnya aksesibilitas layanan kepada peserta. “Seperti mau datang ke mana pun, kapan pun dan media apa pun, maka semakin banyak yang kita siapkan untuk peserta, sehingga di mana pun peserta merasa terlayani,” terangnya.

Seperti saat ini BPJamsostek sudah mempunyai aplikasi layanan JMO (Jamsostek Mobile).

“Jadi peserta yang biasanya datang nggak perlu datang lagi, cukup install aplikasi. Mau cek saldo tinggal lihat di sana, mengambil JHT (Jaminan Hari Tua) sepanjang semua persyaratan terpenuhi cukup dari sana. Cukup 10 menit uangnya tertransfer, sebab itu hak mereka untuk mendapatkan layanan lebih baik dan sekaligus merupakan kewajiban kita memberikan kemudahan layanan,” ucapnya.

Selain itu, kanal pengaduan yakni 175 pun kini dikatakan lebih baik. “Jadi nggak perlu ke calo. Peserta kalau merasa kesulitan tinggal telepon ke 175. Nggak usah ke mana-mana. Nanti akan dibantu 24 jam, pasti ada solusinya,” tambahnya.

Dia menyebut orang yang selama ini menggunakan perantara calo biasanya merasa tidak ada solusi. “Itu artinya kalau sudah ke calo pasti ada biaya, pasti ada potongan-potongan. Padahal orang yang mau klaim itu adalah orang yang mengalami kejadian-kejadian sulit seperti kena PHK atau karena kecelakaan. Kalau lewat calo, berarti sudah susah makanya nyairin JHT, tambah dipotong lagi. Jadi pesan saya hindari calo,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Cabang Tangerang Cimone Yan Dwiyanto menyampaikan, baik dalam Harpelnas maupun rutinitas harian BPJAMSOSTEK Cabang Tangerang Cimone selalu berusaha memberi layanan terbaik.

“Tapi karena ini merupakan momentum Hari Pelanggan Nasional kita peringati. Ini sekaligus menguatkan pernyataan Pak Deputi Direktur tadi bahwa untuk pelayanan kita membuka semua kanal, baik secara online maupun datang langsung juga dipersilakan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya pun siap memberi pemecahan masalah yang dihadapi oleh peserta. “Khusus untuk di Kota Tangerang, untuk BPJS Ketenagakerjaan agar menghubungi langsung BPJS Ketenagakerjaan jangan melalui pihak ketiga atau calo,” tutupnya.

Diketahui dari pantauan awak media, bahwa Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Tangerang Cimone, Yan Dwiyanto beserta pejabat lainnya juga melayani secara langsung peserta yang melakukan klaim baik secara online maupun offline di Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Tangerang Cimone.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *