News, Utama  

Safari Dakwah Binrohis Ditjenpas di Lapas Narkotika Karang Intan

KABARINDO.ID – Tim Pembinaan Rohani Islam (Binrohis) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) sambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan. Kegiatan ini dalam rangka membekali ratusan Warga Binaan muatan keagamaan dalam kegiatan safari dakwah yang digelar di Masjid At-Taubah Lapas, Selasa (23/05/2023).

“Apa saja yang menurut kita baik, belum tentu baik di mata Allah, tetapi menurut kita buruk, di mata Allah bisa saja adalah yang terbaik buat kita, sama hal nya kalian yang berada di dalam penjara, bukan berarti kalian yang di penjara adalah hal yang buruk, bisa jadi itu adalah awal untuk menjadi kebaikan,” ujar Ade Januarsyah selaku pemateri pada kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan pembacaan syair maulid yang dibawakan apik oleh Warga Binaan program pembinaan kepribadian maulid habsyi Lapas Narkotika Karang Intan. Pada kesempatan tersebut, Warga Binaan yang aktif mengikuti kegiatan berkesempatan mendapatkan sendal wudhu yang dibagikan pemateri.

Salah seorang Warga Binaan Muhammad Maki mengungkapkan, dari kegiatan yang diikutinya semakin menyadari bahwa keberadaan dirinya di Lapas saat ini merupakan qada dan qadar dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

“Saya menyadari dan meyakini bahwa kesalahan yang telah saya perbuat di masa lalu merupakan qada dan qadar dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Saya sangat berharap kegiatan safari dakwah yang dilakukan oleh Binrohis Ditjenpas lebih sering datang ke Lapas Narkotika Karang Intan,” ujarnya.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo dalam keterangannya mengungkapkan, bahwa tujuan dari kegiatan safari dakwah ini selain menjadi motivasi, juga menjadi bagian dari pembinaan dan pengajaran agama kepada Warga Binaan yang diharapkan dapat memperbaiki diri sehingga mampu menjalani pembinaan dengan baik.

“Dukungan rohani sangat penting dalam mempersiapkan Warga Binaan untuk kembali ke masyarakat setelah menjalani pembinaan. Diharapkan dengan adanya pendampingan rohani yang intens, dapat mengubah perilaku negatif Warga Binaan menjadi positif dan menjadi individu yang lebih baik di masyarakat setelah masa selesai menjalani pembinaan di sini,” pungkasnya.

Kepala Lapas juga mengapresiasi kegiatan safari dakwah yang dilangsungkan Binrohis Ditjenpas untuk memberikan pendampingan yang komprehensif kepada Warga Binaan dengan hadir langsung ke satuan kerja khususnya pada Lapas Narkotika Karang Intan.

(arb/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *