News  

Secara Virtual, Pengukuhan Guru Kekayaan Intelektual DJKI Mengajar Tahun 2022, Papua Mendukung Penuh

Jayapura, Papua, – Bertempat di Ruang Rapat, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Antohonius M Ayorbaba bersama Para Pimpinan Tinggi Pratama Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Mohamad Mufid, Kabid Hukum Habel Way para JFT Sub Bidang KI mengikuti kegiatan Rapat Kerja Teknis Penguatan Kinerja Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Tahun 2022 secara virtual melalui Zoom Meeting. Selasa (02/08/2022).

Melalui laporan kegiatan Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Razilu menyampaikan dalam rangka mewujudkan ekosistem KI Nasional, DJKI salah satunya menyusun Guru KI (RuKI) mengajar yang tahun ini RuKi akan diterjunkan ke 170 sekolah agar siswa-siswi mendapatkan Pendidikan KI sejak dini.

Program DJKI Aktif Belajar dan Mengajar ini juga dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Isu-isu Strategis, Bane Raja Manalu di Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba Sumatera Utara.

Hal serupa juga dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital, Fajar Lase di Bengkalis Riau. Dan selanjutnya pelaksanaan sosialisasi KI di Tuban yang dihadir oleh 1.000 peserta UMKM serta pengangkatan 20 Duta Kekayaan Intelektual yang berasal dari Kabupaten Tuban.

Razilu berharap hal tersebut menjadi gambaran atas komitmen DJKI dalam mensukseskan Program Unggulan DJKI 2022 yang pada akhirnya berdampak pada keberhasilan Kemenkumham untuk ikut serta dalam mewujudkan KI sebagai poros pemulihan ekonomi nasional di era digital economy sebagai cita-cita kita bersama.

Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Eddy Hiariej dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pimpinan dan Jajaran Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atas keberhasilan capaian beberapa Program Unggulan DJKI 2022.

Salah satu program unggulan DJKI yaitu kegiatan “DJKI Mengajar” untuk membangun awareness masyarakat atas urgensi perlinndungan KI. Melalui DJKI Mengajar, diharapkan kedepannya DJKI dapat menyiapkan kegiatan yang menarik untuk siswa-siswi agar mengenal KI sejak dini.

Selain itu, melalui Pembukaan Rakernis dengan Tema “Kreatif & Inovatif, DJKI Berperan Aktif Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional” ini, DJKI akan melaunching program unggulan lainnya berupa platform IP Marketplace sebagai salah satu platform untuk mendukung skema pembiayaan berbasis KI yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No 24 Tahun 2022 Tentang Peraturan Pelaksanan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Menurut Wamenkumham RI, Program ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada pemilik Kekayaan Intelektual untuk mempromosikan karya intelektualnya kepada pada calon investor dari dalam maupun luar negeri.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan Grand Launching Platform IP Marketplace oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM serta Pengukuhan Guru KI (Ruki) yang dilakukan secara serentak mulai dari tingkat pusat hingga kantor wilayah, termasuk di Kanwil Kemenkumham Papua.

Di Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, pengukuhan Guru KI dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si kepada 10 orang Guru KI perwakilan Kanwil Kemenkumham Papua ditandai dengan penyematan PIN kepada dua orang peserta.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *