Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Lapas Ciamis Selenggarakan Pelatihan Penyusunan LKjIP Secara Mandiri

CIAMIS, KABARINDO.ID – Dalam rangka meningkatkan pengembangan kompetensi pegawai dalam bidang kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menangani akuntabilitas kinerja, Lapas Kelas IIB Ciamis Kemenkumham Jabar selenggarakan Pelatihan Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) secara mandiri kepada 29 orang pegawai di Aula Lapas Ciamis, Senin (24/06/2024).

Narasumber pelatihan tersebut adalah Kasubbag Tata Usaha Sani Siti Aisyah dan Operator Pelaporan Mia Silma Ulfah Kasubbag Tata Usaha menjelaskan mengenai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Kebijakan Rencana Strategis (Renstra) dan Pelaporan Kinerja.

Sani menerangkan bahwa LKjIP merupakan bagian dari penyelenggaraan SAKIP di mana bobot penilaian pelaporan kinerja adalah 15 persen dari keseluruhan penilaian SAKIP. Kasubbag TU juga menjelaskan bahwa kinerja organisasi sama dengan kinerja seluruh individu pegawai sehingga kinerja setiap pegawai berkontribusi terhadap kinerja organisasi.

Sedangkan Operator Pelaporan Mia Silma Ulfah, memaparkan terkait teknis penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) serta Manual Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemenkumham. Di mana pelaporan LKjIP mengacu pada Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-01.PR.03 Tahun 2023.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini pengetahuan pegawai yang mengikuti pelatihan semakin bertambah dan dapat memacu kinerja pegawai semakin PASTI,” pungkasnya.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *